Buku ini terdiri dari lima bab pembahasan: (1) pendidikan dan penelitian. Secara khusus menjelaskan fondasi dasar penelitian dalam teknologi pendidikan, falsafah dan ragamnya, (2) perkembangan riset teknologi pendidikan. Mendiskripsikan perkembangan metode riset yang dipengaruhi oleh perkembangan cara manusia belajar termasuk peralatan yang digunakan dalam belajar, (3) penelitian dan teknologi …
Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh civitas akademik. Tugas utama perguruan tinggi yakni pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Atas dasar inilah buku ini ditulis sebagai salah satu rujukan utama bagi civitas akademik untuk bagaimana mengonstruksi ilmu pengetahuan se…
Dalam sebuah sistem pendidikan, metode belajar dan mengajar yang efektif dan terandalkan merupakan sebuah keharusan. Karene pentingnya hal itu, metode balajar dan mengajar harus didasarkan kepada rangkaian penelitian dan pengujian. Hanya dengan demikian, maka mutu output yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan dan kemudian dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Setiap bab dalam buku ini mengha…
Melakukan penelitian ilmiah yang bernilai akademik tinggi haruslah dimulai dari sikap tanggung jawab ilmiah yang tinggi pula. Setiap peneliti harus memiliki kemampuan yang baik dalam menguasai proses dan prosedur penelitian ilmiah, dimulai dari filsafat, paradigma serta mengimplementasikan teori dan perangkat metodologis saat melakukan riset di lapangan, sehingga menghasilkan laporan penelitia…
Melakukan studi fenomenologi dalam perspektif filsafat dan ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak hal yang harus dikaji dan dipersiapkan untuk memperoleh hasil yang memahami fenomena tanpa dipengaruhi latar belakang apa pun baik dari sisi peneliti maupun informan. Buku ini didesain khusus untuk memudahkan studi fenomenologi terutama bagi kalangan peneliti pemula (S1), peneliti mad…
Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, persepsi, kepercayaan, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Data dalam penelitian kualitatif relatif tidak terstruktur dan sulit dinyatakan dengan angka diantaranya adalah transkip suatu wawancara, diskusi kelompok, gambar, audio atau vi…
Keterampilan menulis karya ilmiah sebagai hasil sebuah penelitian, semakin terus berkembang seiring lajunya perkembangan akademis peserta didik di sebuah Perguruan Tinggi. Metode penelitain ilmiah adalah jalan panjang yang terbentang luas bagi dunia akademis untuk menelusuri ilmu pengetahuan secara teoritis dn empiris. Seiring bertumbuhnya keilmuan yang maju pesat maka dituntut pula keunggulan …