semakin banyaknya lembaga bisnis yang menggunakan syariat islam maka akan memerlukan akuntansi islam dan tenaga yang menguasainya. keadaan seperti ini tentu membuka peluang bagi masyarakat luas untuk bekerjasama dengan lembaga tersebut. akuntansi islam merupakan disiplin ilmu dan sistem akuntansi, sebagaimana sistem akuntansi kapitalis, bukan masalah tata cara ibadah ritual sebagaimana sering d…
organisasi memiliki karakteristik yang sama dengan makhluk hidup yakni mengalami evolusi. organisasi yang berhasil mengelola evolusi adalah organisasi yang adaptif terhadap perubahan. perusahaan yang berhasil rata-rata mampu melihat track record ke belakang dan juga memiliki pandangan jauh ke depan. fokus pembahasan buku ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu: prinsip dasar organisas…
Buku ini menjelaskan tentang prinsip dan teori manajemen keuangan serta contoh soal yang merupakan aplikasi dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Semua bab dalam buku ini diawali dengan dasar Al-quran dan hadis sebagai landasan akidah untuk menjelaskan pembahasan pada bab tersebut. Buku ini menghindari pembahasan yang bertentangan dengan prinsip syariah sehingga selalu menjaga konsistensi dan …
Berkembangnya industri perbankan syariah dipengaruhi oleh para stakeholder. Stakeholder memiliki teran penting terhadap penilaian suatu organisasi. Stakeholder dari perbankan syariah yaitu Bank Indonesia sebagai pengatur dan pengawas bank, Dewan Syariah Nasional (DSN), Dewan Pengawas Syariah (DPS), perguruan tinggi atau lembaga akademis yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi dan keuangan syar…
Salah satu ciri bank syariah adalah penerapan prinsip syariah dalam praktik perbankan syariah. Pihak yang melakukan pemeriksaan dan mengawasi jalannya praktik syariah disebut Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS melakukan pemeriksaan dan pengawasan yang kemudian memberikan laporan pengawasannya kepada pihak yang berkepentingan, utamanya Bank Indonesia dan Dewan Syariah Nasional (DSN). Pedoman P…
Pemasaran memiliki peran pokok dalam peta bisnis suatu perusahaan dan berkontribusi terhadap strategi produk. Perusahaan baik berskala nasional maupun internasional membutuhkan seorang marketer andal untuk memasarkan produk atau jasa di pasar konsumen. Strategi pemsaran syariah mempertimbangkan motif religius dan emosional yang mendasari keputusan pembelian konsumen. Marketer di ranah pemasaran…
Buku ini membahas tentang standar audit, laporan audit, tingakatan dan keputusan mengenai materialitas, tanggung jawab manajemen, tangung jawab auditor dalam menemukan salah saji yang materialitas dan menemukan tindakan ilegal, asersi manajemen, tujuan audit atas transaksi, saldo, penyajian dan pengungkapan, jenis audit, dokumentasi audit, perencanaan audit, prosedur analitisdan diakhiri dengan…