Masa usia dini merupakan masa keemasan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa ini juga menjadi masa kritis yang artinya apabila anak tidak mendapatkan stimulasi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya, anak sulit atau bahkan tidak ada kemungkinan lagi di stimulasi pada tahap perkembangan selanjutnya. Pada masa ini anak harus mendapatkan stimulasi yang optimal, dan permasalahan perk…
Pembelajaran sains dan matematika harus diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dalam diri anak. Guru mempunyai amanah untuk mengintegrasikan nilai keislaman dalam setiap pembelajaran kepada anak. Buku ini mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut. TErdapat lima bab yang menjelaskan tentang: (1) integrasi Islam dengan sains dan matematika, (2) bumi, jagad raya, biologi, fisika, kelestari…
Pengembangan kreativitas pada anak usia dini sangat penting karena kreativitas sangat berpengaruh dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kecerdasan diri kemampuan anak usia dini dalam mengekspresikan serta menghasilkan susuatu yang baru. Apabila potesi anak dikembangkan seoptimal mungkin maka anak dapat mewujudkan dan mengaktualisasikan…
Pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini mempunyai tujuan supaya anak dapat berkomunikasi dengan baik melalui lisan terhadap lingkungannya. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan harus menggunakan metode dan media yang tepat sesuai usia perkembangannya. Bahasa lisan sangat penting untuk interaksi sosial, serta konsep pembelajaran sehingga dibutuhkan kurikulum dan penilaian dalam kegiata…
Buku ini secara lengkap menyajikan cara dan langkah praktis dalam menulis buku bacaan anak. Penjelasannya disampaikan secara sederhana dan mudah dipahami. Tidak hanya itu, setiap cara dan langkahnya bisa langsung dipraktikkan. Tidak hanya sampai pada tahap manulisnya, tetapi juga langkah dan cara dalam mengonsep dan mengirimkannya ke penerbit. Tentunya ini sangat dinantikan pembaca yang bermina…
Setiap orang dewasa memerlukan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar dan sejenisnya untuk terus meningkatkan kemampuannya. Berbeda dengan anak usia dini yang meningkatkan kemampuannya dengan cara bermain dan berkreativitas. Kreativitas anak usia dini harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Sebagian besar orangtua masih ada yang menganggap bahwa kemampuan kognitif atau hasil nilai lebih p…
Buku ini berisi beberapa konsep tentang bermain dan anak usia dini, mengenal APE dan pembuatan APE. Konsep yang diusung adalah masa anak itu adalah masa bermain. Bermain itu harus memenuhi unsur "timbulnya rasa senang". Kelebihan buku ini adalah menyajikan berbagai macam APE yang dapat dibuat sendiri oleh guru. Pembaca diberikan penjelasan tentang pengertian APE, syarat, tujuan penggunaan, jeni…
Dengan hasil efektif, kecepatan relatif dan penurunan biaya, format kelompok menjadi semakin populer untuk menangani anak dalam ranah konseling dan pendidikan. Berbekal pengelamannya yan gluas sebagai fasilitator kelompok anak dan kelompok pelatihan, penulis menguraikan dan membahas seluruh proses memimpin kelompok yang mencakup perencanaan awal dan desain kelompok, asesmen kecocokan anak denga…