Buku ini secara lengkap menyajikan cara dan langkah praktis dalam menulis buku bacaan anak. Penjelasannya disampaikan secara sederhana dan mudah dipahami. Tidak hanya itu, setiap cara dan langkahnya bisa langsung dipraktikkan. Tidak hanya sampai pada tahap manulisnya, tetapi juga langkah dan cara dalam mengonsep dan mengirimkannya ke penerbit. Tentunya ini sangat dinantikan pembaca yang bermina…
Usia dini merupakan fase penting anak-anak dalam belajar menalar moral. Bagaimana mereka melakukannya? Salah satunya dari cerita. Idealnya cerita mampu meningkatkan dan mengembangkan penalaran moral ke tahap lebih tinggi. Buku ini meyajikan konsep dan metode penalaran moral anak usia dini melalui empat subjek utama, yaitu: memahami penalaran moral anak usia dini, unsur moral dalam cerita anak-a…
Anak-anak dan bermain adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebab dunia mereka adalah dunia bermain. Padahal di saat yang sama mereka harus belajar tentang berbagai pengetahuan. Lalu dapatkah anak-anak belajar sekaligus bermain sehingga mereka tidak akan bosan dalam belajar? Konsep belajar sambil bermain adalah ide sebuah sekolah kreatif. Lalu seperti apakah sekolah kreatif tersebut? Apa s…
Budaya literasi terutama membaca dan menulis anak di Indonesia masih sangat rendah. Padahal membaca dan menulis merupakan hal penting dalam proses belajar anak. Membaca berkaitan dengan jalan yang harus dilakukan dalam menginput ilmu pengetahuan sedangkan menulis berkaitan denga kreativitas mengekspresikan gagasan, pengetahuan, pengalaman dan perasaan anak. Jika keduanya tidak dikuasai oleh ana…
Tujuan utama pembelajaran bahasa Indonesia yaitu membekali keterampilan bahasa-kemampuan dalam memahami dan menuangkan ide dan gagasan yang terbaik melalui aktivitas: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Aktivitas menyimak dan berbicara, sudah menjadi kegiatan kebahasaan yang menyatu dengan aktivitas hidup sehari-hari. Aktivitas membaca dan menulis secara baik dan benar masih menjadi perso…