Buku ini membahas konsep penting seperti komunikasi digital, dakwah, digitalisasi teknologi dan etika komunikasi dalam media sosial, semuanya dengan fokus pada pengembangan pemahaman Islam yang sehat dan komunikasi yang efektif. Buku ini menguraikan bagaimana teknologi digital telah mengubah cara Islam disebarkan dan dipahami oleh mesyarakat global. Pembaca akan memahami pentingnya menggunakan …
Melalui buku ini pembaca dapat mengetahui perkembangan social media dan social network dari waktu ke waktu, beserta bisnis di dalamnya (contoh: akuisisi, return of investment). Melalui buku ini pembaca dapat mengetahui teknologi augmented reality, machine learning dan cloud computing beserta dengan perannya pada social media dan social network. Melalui buku ini pembaca dapat memahami apa itu et…
Buku ini menyajikan pemikiran tentang bagaimana membangun komunikasi yang harmonis dalam keberagaman etnis dengan komunikasi antarbudaya. Keberegaman sebagai sumber kekayaan yang tak tenilai dalam peradaban manusia dapat diselaraskan melalui pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan budaya tersebut dengan menghormati akar-akar yang membentuk identitas masing-masing. Kompleksitas komunikasi a…
Buku ini diramu dari hasil penelitian dan artikel penulis, yang membahas tentang: (1) membangun harmonisasi dalam kemajemukan. Isinya lebih menekankan pada komunikasi masyarakat beda agama dalam membangun harmonisasi dan kerukunan hidup; (2) dakwah di tengah masyarakat multikultural. Di dalamnya menguraikan etika komunikasi dakwah pada masyarakat plural; (3) pemberdayaan masyarakat Islam dengan…
Ada sebuah kegamangan yang terus menghinggapi benak kita, ketika mempersoalkan kebenaran ilmu komunikasi sebagai suatu realitas pengetahuan yang selalu bergerak dan mengalir secara dinamis. Bahkan keraguan ini mengarah pada pertanyaan mengenai ontologi, epsitemologi, dan aksiologi ilmu komunikasi itu sendiri. Melalui tilikan kajian filsafat ilmu, kita dapat memulai upaya penstrukturan ke berbag…
Kita hidup dalam kultur masyarakat berbudaya. keberagaman budaya itu mengandung sub budaya dalam suku bangsa, ras, golongan, gender, usia, generasi, dll. Dalam hidup keseharian kita memiliki lebih dari satu identitas. beragam faktor identitas inilah menggambarkan budaya dan sub budaya yang mempengaruhi persepsi, sikap dan prasangka ketika berkonumikasi antarbudaya. Buku ini berisi materi mengen…
Komunikasi mempunyai ide atau prinsip dan aturan dasar yang menjelaskan atau mengontrol bagaimana komunikasi itu bisa terjadi. Prinsip komunikasi mengandung norma atau aturan dasar yang mewakili apa yang diinginkan oleh seseorang, kelompok, organisasi atau komunitas yang membantu mereka untuk menentukan kebenaran atau kesalahan dari tindakannya. Termasuk prinsip komunikasi antarbudaya sebagai i…
Buku ini menjelaskan bagaimana "strategi interaksi dan kepemimpinan" yang tepat mampu membuat organisasi efektif dan berjaya di tengah persaingan keras. Pemimpin orgnanisasi bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan sistem komunikasi efektif. Sebagai implementasinya, pemimpin organisasi mengembangkan budaya organisasi yang kuat dan adaptif yang mempu memberdayakan karyawan melalui gay…
Filsafat Islam membimbing komunikasi transendental sehingga memberi corak, sifat dan karakter unik pada proses komunikasi yang berlangsung sehingga memberi kedamaian hati. Dalam konteks ini, komunikasi transendental tidak netral, melainkan memihak pada keselamatan dan kedamaian. Bahwasanya, tumpuan kekuatan menelaah, memehami dan mengetahui berpusat pada hati manusia. Hati atau perasaan sebagai…
Sistem komunikasi telah dilihat sebagai suatu aspek yang penting untuk meningkatkan produktivitas suatu bidang komunikasi modern. Berbagai upaya peningkatan produktivitas tersebut tidak terlepas dari upaya meningkatkan kelancaran informasi dalam suatu organisasi. Informasi menjadi aspek generik yang setiap saat harus dikontrol dan diperiksa, sehingga tidak mengganggu dan berdampak negatif pada …