Kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok tidak terlepas dari tujuan yang akan dicapainya. Motivasi sebagai proses dalam menentukan arah umum tingkah laku manusia tentu harus mempunyai tujuan yang baik dengan membutuhkan penguatan dengan kegiatan yang jelas. Salah satunya dengan reward & punishment. Reward & punishment sebagai suatu rencana tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang …
Buku ini hadir di tengah perubahan masyarakat dalam tatanan kehiduan sehari-hari yang disruptif sebagai dampak dari adanya revolusi industri yang mulai masif keberadaannya. Perubahannya pada berbagai aspek, tidak terkecuali bidang pendidikan menjadi focal point dalam pembahasan dan analisis konten setiap model dalam kepeimpinan. Peraliahn sistem manual ke pemakaian teknologi informasi dan digit…
Manajemen pendidikan merupakan suatu rangkaian aktivitas terpadu dalam mengembangkan organisasi pendidikan dan organisasi sekolah sebagai suatu sistem yang bersifat sosial-ekonomi-teknis. Sistem tersebut merupakan kesatuan dinamis yang terdiri atas bagian yang berhubungan secara organik. Dinamis berarti bergerak, berkembang ke arah suatu tujuan. Sosial dimaknai sebagai bergerak di dalam dan man…
Pendidikan adalah hal yang penting bagi pengembangan kualitas manusia yang pada gilirannya akan memengaruhi seberapa jauh kualitas hidup mulai dari skala individu hingga berbangsa dan bernegara. Namun dalam prakteknya terkadang ada beberapa hal yang kurang tepat dan tidak ideal. Untuk itu diperlukan analisis atas kebijakan pendidikan agar proses pendidikan di semua tingkatan dapat berjalan seca…
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Belajar dan mengajar tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Berbagai kegiatan seperti bagaimana membiasakan seluruh warga sekolah disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku di sekolah, saling menghormati, membiasakan hidup bersih dan sehat serta memiliki semangat berkompetisi …
Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu bisa dikatakan kurikulum termasuk kajiaan strategis. Dalam konteks pendidikan nasional, kurikulum menjadi alat untuk memudahkan pencapaian tujuan yang diharapkan…