Buku ini ditujukan untuk siapa pun yang ingin mengetahui secara menyeluruh apa yang disebut profesi konselor. Dalam teks ini pembaca akan menemukan sebuah diskusi yang luas dan lengkap sehingga mahasiswa yang ingin mengambil jurusan bimbingan dan konseling dapat mengetahui dengan cepat semua cakupan studinya. Keistimewaan buku ini yaitu dilengkapi dengan berbagai lampiran seperti pernyataan sik…
Buku ini didesain untuk membantu pembaca memperoleh dan mengembangkan keterampilan konseling utama agar efektif membantu hubungan yang menggunakan model tiga tahap yang mudah diikuti. Penulis memperinci setiap tahap dalam "proses membantu" menggunakan contoh untuk menunjukkan keterampilan konseling dalam berbagai konteks. Menunjukkan bagaimana keterampilan bekerja dalam praktik dan keragaman ma…
Konseling merupakan proses yang melibatkan perilaku individu partisipan dalam hal dimana di dalamnya berkorelasi antara konselor dan klien serta unsur terkait seperti interaksi, situasi internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Kajian dan penerapan perilaku terkait dengan konseling merupakan domain cakupan terhadap psikologi konseling itu sendiri. Buku ini mengupas hal terkait dengan pengert…
Buku ini memberi pegangan kepada mahasiswa di semua fakultas dan jurusan yang memberikan matakuliah kecakapan antarpersonal, dan siapa saja yang tertarik menjadi wirausaha yang sukses ataupun mereka yang menyiapkan diri untuk meniti karir sebagai konsultan bisnis atau manajer profesional. Bagi para akademisi, analisis dan kajian ilmiah kecapakan antarpersonal baik melalui penelitian ilmiah maup…
Konselor yang profesional tidak hanya harus terampil mendengarkan dengan baik namun juga harus memiliki beragama teknik yang dapat membantu konseli dalam mengeksplorasi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Para penulis menuangkan konsep dan pemikirannya ke dalam buku ini diperuntukkan bagi praktisi konseling atau profesi perbantuan dalam penyelenggaraan praktik konseling. Buku ini bertuj…
Tujuan instruksional merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar. Tujuan instruksional mencakup tujuan guru dan tujuan siswa, yang dirumuskan berdasarkan pemikiran psikologis. Tujuan sekolah menunjuk pada tujuan-tujuan yang luas sesuai dengan keinginan suatu masyarakat atau bangsa, yang memiliki dimensi ekonomi, politik, dan sosial. Adapun empat kategori tingkah laku, pengetahuan …