Seiring berjalannya waktu, penulis mulai menyadari bahwa pasar beroperasi dalam ekosistem. Meskipun pengamatan yang dilakukan memberikan gambaran yang konkret, secara historis belum dimasukkan ke dalam banyak keputusan manajerial. Selama bertahun tahun, pemasaran yang dilakukan melibatkan berbagai aspek dan komponen seperti membeli, menjual dan mengonsumsi yang mampu mengambil perhatian dan kep…
Buku ini merupakan panduan bagi seorang Muslim dalam menjalankan aktivitas bisnisnya pada era globalisasi dan teknologi saat ini. Sudah sepatutnya aktivitas bisnis dijalankan berdasarkan ketentuan dan prinsip muamalah secara umum yang sesuai dengan ajaran Islam, sehingga ia dapat mencapai falah atau kemenangan bernilai ibadah serta mendapatkan pahala untuk memudahkannya menuju surga yang di cit…
Agama Islam diturunkan oleh Allah kepada manusia bertujuan agar hidup manusia teratur sesuai dengan kehendak-Nya. Syariah Islam sebagai suatu pedoman yang dibawa oleh Rasulullah mempunyai keunikan tersendiri. Syariah ini tidak hanya komprehensif, tetapi juga universal. Karakter istimewa ini sangat diperlukan karena todak akan ada syariah lain yang datang untuk menyempurnakannya. Secara umum et…
Ilmu etika bisnis menjadi sangat menarik ketika dipelajari sebagai bahan referensi bagi mereka yang akan mengelola bisnis. Persoalan etika bisnis tidak bisa dilihat secara sederhana, namun harus dipahami dengan berbagai seluk beluknya serta berbagai sisi yang turut mendukung terbentuknya etika dalam bisnis. Dalam buku ini penulis menempatkan kasus dan solusi yang ada pada setiap bab serta ditam…
Buku ini ditulis sebagai buku referensi utama dan diharapkan bisa menambah pengetahuan mahasiswa tentang dasar-dasar bisnis yang berdasarkan konsep Islam. Buku ini semakin menarik karena disajikan dengan teori dan dilengkapi contoh kasus dan soal yang sesuai dengan penerpaannya dalam bisnis. Dalam kaitannya dengan pengembangan kurikulum terintegrasi, buku ini juga dilengkapi konsep bisnis yang …
Buku ini merupakan pembelajaran dasar untuk seri Bahasa Arab Ekonomi Islam. Materi yang terdapat di dalam buku ini adalah materi awal dalam pembelajaran Bahasa Arab. Materi yang dibahasa dalam buku ini antara lain: di pasar 1: penjual dan pembeli (perkenalan), di pasar 2: penjual dan pembeli (penjual kemeja), di pasar 3: penjual dan pembeli (penjual beras), harga di pasar (harga buah-buahan), s…
Buku ini menjelaskan satu gambaran utama bahwa bisnis Islam harus selalu adaptif menerima perubahan, baik perubahan teknologi, SDM, karateristik konsumen, dll. Dengan mempertimbangkan good governance dan tanggung jawab sosial dalam bisnis syariah. Buku ini berisi materi mengenai revolusi industri dari masa ke masa, etika dan akhlak dalam bisnis Islam, tauhid sebagai pondasi dalam bisnis Islam, …
Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era evolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline dan online. Dengan buku ini, pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain: UMKM dapat mengetahui gambaran era revolus…