Membincangkan media, secara langsung maupun tidak, terkait dengan khalayak media itu sendiri. Berbagai riset tentang hubungan media dan khalayak ini tidak sekedar berhenti pada aspek pengukuran seberapa banyak khalayak mengakses media saja, melainkan juga telah berkembang seiring dengan karakteristik media dan perubahan sosial, budaya sampai pada politik di suatu wilayah. Khalayak juga tidak la…
Manajemen media identik dengan adanya faktor ketidakpastian. Faktor ini disebabkan beberapa kondisi seperti perubahan regulasi, fluktuasi ekonomi, sistem permodalan, perkembangan teknologi, keterbatasan SDM yang berkualitas, meningkatnya kesadaran dan tuntutan publik serta pergeseran minat konsumenmedia. Dalam kaitan ini, kajian manajemen media memiliki posisi yang penting untuk menjelaskan ber…
Ketakberdayaan atas dominasi struktur ekonomi-politik yang ada, telah semakin menjadikan komunikasi sebagai perilaku para aktor sosial yang berkiblat pada rasionalitas instrumental. Karenanya, di perguruan tinggi, ilmu komunikasi dipelajari untuk memperoleh kemampuan pencapaian tujuan manipulasi, dominasi dan persuasi baik dalam merebut konsumen, khalayak, publik ataupun lawan politik. Ilmu kom…
Sekarang, perkembangan kajian media-komunikasi di perguruan tinggi pun menunjukkan penambahan objek materi kajian. Teknologi komunikasi dan internet tidak lagi sekedar subbab atau bagian dari pokok bahasan, namun juga telah berubah menjadi kajian yang mandiri, mata kuliah baru, dan objek riset yang memiliki keunikan. Topik utama buku ini antara lain membahas teori dan definisi cybermedia, impli…