buku
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif
Dalam konteks keIndonesiaan, bahasa Arab adalah salah satu kontributor terbesar bagi entri bahasa dan budaya Indonesia. Banyak kata dan kalimat maupun peristilahan dari bahasa Arab yang tak terhingga jumlahnya memasyarakat dan membudaya di lanskap komunikasi dan interaksi tanah air. Hal ini menyiratkan bahwa bahasa Arab semakin urgen sebagai elemen kurikulum pendidikan. Sebagai bahasa asing, bahasa Arab diajarkan untuk tujuan empat keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Empat keterampilan ini selanjutnya dikategorikan menjadi dua yaitu keterampilan produktif (berbicara dan menulis) dan keterampilan reseptif (menyimak dan membaca). Dengan berbagai karakteristiknya, empat keterampilan berbahasa Arab ini merupakan pilar komunikasi dan interaksi timbal balik. Untuk inilah pembelajarannya mengharuskan adanya pendekatan komunikatif-interaktif yaitu pendekatan yang mengupayakan penggunaan bahasa Arab secara aplikatif dalam ranah yang nyata sejak tahap bermain peran hingga kondisi real di masayarakat. Pendekatan ini meniscayakan adanya metode, teknik, media, penilaian dan berbagai determinan lain yang secara teoretik dan empirik efektif mendorong dan meningkatkan kemampuan pembelajar menggunakan bahasa Arab untuk komunikasi dan interaksi.
Tidak tersedia versi lain