buku
Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya
Metode analisis yang digunakan dalam dokumen seperti semiotika, wacana, framing, naratif dan hermeneutika mempunyai tujuan yang sama, yaitu memahami isi yang terkandung di dalam dokumen tersebut. Metode analisis ini dipakai untuk menganalisis semua bentuk dokumen, baik cetak maupun visual. Metode 'analisis isi' yang menjadi kajian utama buku ini adalah 'analisis isi kuantitatif', dipakai untuk mengukur aspek atau dimensi dari isi dokumen yang dilakukan secara kuantitatif. Metode ini berupaya meminimalisasi bias subyektivitas penelitian dengan reliabilitas tinggi dan mengutamakan ketepatan mengidentifikasi isi pernyataan, seperti perhitungan, penyebutan berulang dari kata atau kalimat tertentu. Analisis isi digunakan dalam komunikasi, menjadi salah satu metode utama dalam disiplin ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Analisis isi digunakan terutama dalam menganalisis isi media cetak atau elektronik, serta dipakai untuk mempelajari isi semua konteks komunikasi. Dalam bidang sosiologi, para sosiolog menggunakan analisis isi sebagai metode utama dalam kegiatan survey atau studi kasus untuk memahami sikap, pandangan dan perubahan sosial dalam masyarakat.
Tidak tersedia versi lain