buku
Madrasah dan Profesionalisme Guru: dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah
Madrasah, sebagai lembaga pendidikan dasar menengah, telah mencatatkan kontribusi penting dalam penumbuhan literasi keislaman dan keilmuan masyarakat di tanah air. Kontribusinya terlihat dari hampir separuh masyarakat tanah air merupakan lulusan pendidikan bernama madrasah. Madrasah, dengan segala keterbatasannya, telah menyiapkan mereka untuk tampil dalam berbagai wilayah profesi, keilmuan dan kemasyarakatan. Desentralisasi yang bergulir searah angin reformasi belakangan ini, yang ditandai distribusi sebagian kewenangan pemerintah pusat ke pemerintah daerah seharusnya menjadi momentum dalam penyempurnaan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Termasuk di dalamnya dengan merevitalisasi peran madrasah dalam paket kebijakan pembagunan pendidikan masyarakat. Namun tidak seperti halnya lembaga pendidikan lain, madrasah dalam era ini sepertinya masih terus mengambil jalan berliku dalam meneguhkan eksistensi perannya dalam menumbuhkan literasi masyarakat.
Tidak tersedia versi lain