buku
Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu
Perkembangan ilmu pengetahuan dan terknologi serta kebutuhan kecakapan di abad ke 21 dan utamanya di era revolusi industri 4.0 menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi dan kolaborasi menjadi satu keniscayaan dan kebutuhan utama dalam kehidupan generasi milenial maupun generasi Z. Transformasi budaya pembelajaran yang resonsif, adaptif dan kondusif untuk pengembangan keterampilan abad ke 21 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di lingkungan lembaga pendidikan, utamanya sejak jenjang sekolah dasar menjadi hal yang penting dan mendesak. Model pembelajaran tematik terpadu menciptakan budaya pembelajaran berpikir tingkat tinggi, kontekstual, holistik dan autentik. Dalam model pembelejaran ini, peserta didik dijadikan pusat pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif terasah secara optimal melalui berbagai problem riil yang dihadirkan dalam pembelajaran. Peserta didik mendapatkan pengetahuan dan kecakapan hidup yang holistik bukan parsial.
Tidak tersedia versi lain