buku
Branchless Banking: Bank tanpa Kantor pada Era Digital
Di Indonesia, layanan branchless banking dalam rangka meningkatkan akses bagi masyarakat bawah yang belum berbank mulai ramai dibicarakan di kalangan industri, regulator dan praktisi. Layanan branchless banking merupakan model layanan perbankan yang menggunakan teknologi ponsel dengan menggandeng pihak lain sebagai agen untuk melayani transaksi. Suatu inovasi yang bersifat disruptive, yang mau mengubah cara masyarakat dalam bertransaksi perbankan dan meciptakan pasar baru. Terbukti implementasinya di berbagai negara berkembang mampu meningkatkan akses ke layanan keuangan formal. Sebagai pelopor dan praktisi awal branchless banking di Indonesia, penulis mengupas seluk beluk layanan branchless banking mulai dari konsep, manfaat, agen, manajemen resiko, regulasi dan pengembangannya. Buku ini juga menyajikan kunci keberhasilan implementasi branchless banking dan beberapa pembelajaran dari luar negri serta tantangan ke depan yang harus dihadapi.
Tidak tersedia versi lain