e-jurnal
JMIE : IMPLEMENTASI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini dilatar belakangi kurang disiplinnya belajar siswa mata pelajaran PAI sehingga guru berupaya meningkatkan disiplin belajar. Penelitian bertujuan untuk: 1) Implementasi guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar, 2) metode guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar. Subyek penelitian: guru PAI, Kepala SDN 33 Penjulung dan siswa SDN 33 Penjulung Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan; 1) Implementasi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, memberikan motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar, memberikan bimbingan belajar siswa, memberikan latihan dan melakukan remedial, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, 2) metode guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar dengan cara; menggunakan variasi metode mengajar, menggunakan metode bermain peran. 3) faktor pendukung dan penghambat diantaranya; (1) faktor pendukung: tersedianya media, adanya kerjasama guru dan orang tua siswa, dukungan dari kepala sekolah, selalu mencari inovasi metode mengajar di kelas (2) faktor penghambat: kurang disiplin siswa saat menerima pelajaran, siswa tidak serius dalam menerima pelajaran dalam bimbingan oleh guru, dan sarana dan prasarana sekolah masih belum lengkap sehingga siswa kurang tersalurkan potensinya.
Tidak tersedia versi lain