e-jurnal
JMIE : AKREDITASI DAN PELUANG PENGUATAN KELEMBAGAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR PADA PERGURUAN TINGGILITERASI TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF CALON PENDIDIK SEKOLAH DASAR: SEBUAH ANALISIS KEBUTUHAN
Akreditasi merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi di dalam penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, dengan konsekuensi terutama pada keberterimaan lulusan dalam dunia kerja. Proses akreditasi seringkali dipandang sebagai kerja administratif yang membosankan karena terkait dengan portofolio, pengumpulan bukti-bukti kegiatan tri dharma dan pengelolaan lembaga. Namun sesungguhnya dari proses akreditasi tersebut dapat ditemu-kenali permasalahan dan kekurangan sekaligus peluang untuk perbaikan. Dengan demikan proses akreditasi pada dasarnya tidak hanya sekedar upaya penjaminan pemenuhan dan/atau pelampuan standar, tetapi juga merupakan sarana peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Proses akreditasi tersebut dapat mendorong pengurus dan/atau pengelola program studi bersinergi dengan para pemangku kepentingan internal dan eksternal, sehingga pada akhirnya terjadi penguatan kelembagaan program studi.
Tidak tersedia versi lain