e-jurnal
Al-Ibtida : The Interaction Between Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Approach and Elementary Students’ Self-Efficacy In Learning Mathematics
Dilatarbelakangi oleh rendahnya efikasi diri siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki lebih jauh interaksi antara pembelajaran berbasis Kemampuan Awal Matematis (KAM) dengan peningkatan efikasi diri siswa setelah implementasi pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA). Secara keseluruhan, 119 siswa sekolah dasar yang berasal dari Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi turut berpartisipasi. Baik tes maupun nontes digunakan sebagai instrument pada penelitian ini. Dengan menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest postest control group, ANOVA dua jalur digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pembelajaran lebih besar dari 0,05 yaitu (0,235), signifikansi faktor KAM lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,030) dan signifikansi faktor interaksi (Pembelajaran KAM) lebih besar dari 0,05 yaitu (0,301). Dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara pembelajaran (CPA dan konvensional) berdasarkan KAM dan efikasi diri siswa. Dengan demikian, pendekatan CPA dapat dijadikan solusi dalam meningkatan efikasi diri siswa sehingga mereka dapat belajar dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi.
Tidak tersedia versi lain