IPMAFA LIBRARY

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Al-Ibtida : Analysis of Class Teacher Difficulties in Thematic Learning at Madrasah Ibtidaiyah
Penanda Bagikan

e-jurnal

Al-Ibtida : Analysis of Class Teacher Difficulties in Thematic Learning at Madrasah Ibtidaiyah

Ricka Tesi Muskania - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru kelas satu MI Al- Ikhwah Pontianak dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas satu dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al- Ikhwah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP sesuai kondisi dan lingkungan peserta didik, guru sulit memilah kembali kompetensi dasar pada silabus dan RPP, dan guru sulit menyiapkan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tematik. Sementara itu, pada tahap pelaksanaan guru mengalami kesulitan dalam menyesuaikan alokasi waktu dengan pembelajaran, sulit menghadapi tuntutan penyelesaian satu pembelajaran dalam satu kali pertemuan, sulit menyesuaikan KD dengan materi pembelajaran dalam setengah hari, sulit mensinergikan penyampaian tujuan dan kegiatan secara keseluruhan dengan alokasi waktu, dan sulit mengaplikasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.  Sedangkan pada tahap penilaian guru sulit menggunakan instrumen penilaian keterampilan dengan keadaan peserta didik dan guru sulit menyesuaikan catatan anecdot dengan penilaian pada raport kurikulum 2013. Oleh karena itu, temuan-temuan penelitian tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas.


Ketersediaan
#
My Library 372.4 Ric a
J3/128/2020
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
372.4 Ric a
Penerbit
Cirebon : IAIN Nur Jati., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ind
ISBN/ISSN
2527-7227
Klasifikasi
372.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 6 No 2 Oktober 2019
Subjek
E Journal PGMI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prodi PGMI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Analysis of Class Teacher Difficulties in Thematic Learning at Madrasah Ibtidaiyah
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

IPMAFA LIBRARY
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) merupakan sumber pembelajaran serta sumber intelektual bagi civitas akademika terutama dalam mendukung tercapainya program Tri Dharma Perguruan Tinggi di IPMAFA. Hal ini sejalan dengan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan pusat layanan informasi akademik. Secara struktural UPT Perpustakaan IPMAFA berada di bawah koordinasi Wakil RektorI Bidang Akademik dan bertanggungjawab kepada Rektor Institut Pesantren Mathali’ul Falah.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?