e-jurnal
Al-Ibtida : Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang kering dari pesan-pesan moral dan karakter serta minimnya sumber belajar yang mengakibatkan pembelajarannya kurang menarik dan tidak menyenangkan yang pada gilirannya pengembangan empat aspek keterampilan berbahasa sebagai tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) kelayakan multimedia interaktif pada pembelajaran bahasa Indonesia berwawasan nilai-nilai Islami berdasarkan penilaian ahli guru dan siswa, dan (2) kualitas multimedia interaktif pada pembelajaran bahasa Indonesia berwawasan nilai-nilai Islami berdasarkan penilaian siswa dan guru. Penelitian pengembangan ini (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pringlangu 02 Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk multimedia interaktif untuk pembelajaran bahasa Indonesia berwawasan nilai-nilai Islami dinilai oleh ahli materi dengan skor 21,5 berada pada kategori sangat layak dan dinilai oleh ahli media dengan skor 49,5 berada pada kategori layak; (2) kualitas multimedia interaktif untuk pembelajaran bahasa Indonesia berwawasan nilai-nilai Islami adalah sangat baik berdasarkan penilaian siswa dan guru. Dengan demikian, penggunaan multimedia pada pembelajaran bahasa Indonesia diperlukan karena menjadi sumber belajar yang mampu meningkatkan kinerja pembelajaran, sekaligus penyemai nilai-nilai karakter Islami pada siswa.
Tidak tersedia versi lain