e-jurnal
Al-Ibtida : The Development of the 2013 Student Curriculum Book Based on Thinking Actively in Social Context for Elementary School Students
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya buku siswa yang selaras dengan tujuan kurikulum 2013, karakteristik siswa sekolah dasar, dan karakteristik hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku siswa kurikulum 2013 berbasis thinking actively in social context untuk sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Menggunakan model penelitian 4-D (define, design, development, disseminate), data dikumpulkan mealui tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tes dan angket dianalisis menggunakan statistik deskriptif sedangkan triangulasi digunakan untuk menganalisis data yang berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan skor akhir 85,25% (sangat valid). Buku siswa mudah digunakan, menghemat waktu, dan bermanfaat dalam implementasinya pada pembelajaran di kelas. Buku siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dengan persentase kenaikan sebesar 15,35%. Karena buku yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif, buku siswa tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.
Tidak tersedia versi lain