e-jurnal
Al-Ibtida : The Integration Model of 2013 Curriculum and Cambridge Curriculum in Elementary Schools
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge beserta implementasinya, dan dampak integrasi tersebut pada sekolah dasar. Melibatkan satu kelas ICP (SD Laboratorium Universitas Negeri Malang) dan satu kelas model (SD Brawijaya Smart School), pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan rancangan multikasus digunakan pada penelitian ini. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) integrasi kurikulum di kelas Model SD Brawijaya Smart School menggunakan model integrasi Sequenced Eye-glasses, sedangkan model integrasi Shared Binoculars Integration digunakan di kelas ICP SD Laboratorium Universitas Negeri Malang; (2) Implementasi model Sequenced Eye-glasses dilaksanakan dengan menyusun materi dari dua kurikulum tersebut, dan mengajarkan materi yang berkaitan secara bersamaan. Implementasi model Shared Binoculars Integration dilaksanakan dengan mengajarkan Kurikulum 2013 secara tematik dan Kurikulum Cambridge secara terpisah. (3) Integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge dapat meningkatkan a) kemampuan berbahasa Inggris; b) kemampuan dalam bernalar; c) kemampuan berpikir kreatif; dan d) prestasi akademik.
Tidak tersedia versi lain