e-jurnal
Al-Muta'aliyah : The Use of Student-Centered Advocacy Learning Approaches in Improving Student Learning Achievement in Social Studies Subjects Class VIII at MTS. Nurussalam Tetebatu Sikur sub-district TA. 2019/2020
Teknik mengajar yang bermakna memiliki peranan penting dalam proses balajar mengajar sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, untuk itu guru dapat memilih dan menentukan pendekatan dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan, keadaan siswa serta keadaan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar mengajar. Salah satu model pendekatan yang dapat ditempuh oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran advokasi berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif True Experimental Desaign, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Nurussalam Tetebatu yang berjumlah 66 orang siswa, dan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,71, sedangkan harga t tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan df = 64 yang diperoleh dari penjumlahan sampel kelas kontrol 33 orang siswa dan kelas eksperimen 33 orang siswa dikurangi dengan 2 (n-2), sehingga diperoleh F tabel = 1,67. Karena harga t hitung lebih besar dari pada t tabel untuk taraf kesalahan 5%, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan advokasi berpusat pada siswa.
Tidak tersedia versi lain