buku
Pengantar Pendidikan Inklusif: Berbasis Budaya Lokal
Dewasa ini literatur tentang konsep dan model sistem pendidikan inklusif telah cukup tersedia, akan tetapi sebagian besar berasal dari luar negri, menggunakan bahasa asing dan tentunya dilandasi konsep berpikir serta latar belakang budaya asalnya. Sebaik apapun konsep dan model pendidikan inklusif, bila tidak berlandaskan kerangka berpikir dan kajian budaya setempat, belum tentu dapat di implementasikan secara utuh. KArenanya, kehadiran buku ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi kalangan yang menaruh perhatian terhadap pendidikan inklusif bagi oeserta didik berkebutuhan khusus. Di dalamya tersaji berbagai topik yang akan menarik perhatian pembaca, misalnya topik tentang latar belakang dan pemikiran baru dalam pendidikan inklusif, filosofi dan prinsip dasar, konteks sistem sosial pendidikan inklusif dan perspektif budaya pendidikan lokal. Dijabarkan pula mengenai asesmen kesiapan menuju pendidikan inklusif, penyelenggaan pendidikan inklusif berbasis budaya lokal, kualifikasi pembinaan dan karier personal serta layanan kebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif.
Tidak tersedia versi lain