buku
Pengantar CSR (Corporate Social Responsibility): Sejarah, Pengertian dan Praksis
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai sesuatu yang relatif mutakhir dalam dunia bisnis pada hakikatnya bukanlah barang baru. CSR sebenarnya telah ada bersama kelahiran perusahaan modern. Secara normatif CSR merupakan konsekuensi logis dari hadirnya korporasi di tengah lingkungan sosialnya. Akan tetapi, perpspektif tersebut tertutupi oleh pandangan yang berat sebelah bahwa korporasi tidak punya tujuan lain kecuali menarik keuntungan sebesar-besarnya. Pandangan ini kiranya tidak akan mampu bertahan sebab daya dukung lingkungan alam maupun sosial mempunyai ambang toleransinya. Buku ini menyajikan pengetahuan dan telaah elementer tentang CSR seperti alasan etis, sejarah, definisi dan berbagai pendekatan CSR. Lebih dari itu, disini disertakan pula serba serbi praktik dan praksis pelaksanaan CSR sebuah korporasi di bidang migas. Kiranya buku ini mampu menjadi pengantar bagi mahasiswa serta akademisi, aktivis maupun praktisi bisnis untuk mendapatkan pengetahuan awal tentang CSR.
Tidak tersedia versi lain