buku
Keterampilan Membaca
Membaca merupakan proses mengubah bentuk lambang/tanda/tulisan menjadi wujud makna. Membaca membutuhkan skemata, yaitu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, sehingga si pembaca mampu memahami isi teks yang dibacanya. Dalam hal ini, membaca dapat pula dikatakan sebagai aktivitas yang terpisah-pisah, meliputi pembaca yang harus menggunakan pengertian khayalan, mengamati dan mengingat-ingat dan menghubungkannya dengan skemata sehngga mampu memahami isi bacaan dengan baik. Dalam buku ini penulis memaparkan konsep keterampilan membaca yang meliputi pengertian membaca, tujuan membaca, jenis membaca, tahapan membaca, minat baca, karakteristik pemilihan bahan bacaan serta teknik dan metode membaca. Untuk menambah wawasan pembaca, penulis juga menyajikan model membaca terbaru yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan yang ditemukan oleh penulis dari hasil penelitian untuk dapat mendapat gelar doktor, yaitu model membaca total.
Tidak tersedia versi lain