IPMAFA LIBRARY

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab: dari Pendekatan Konvensional ke Integratif Humanis
Penanda Bagikan

e-jurnal

Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab: dari Pendekatan Konvensional ke Integratif Humanis

Fathul Mujib - Nama Orang;

rnWalaupun Indonesia menyandang predikat sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, namun bukan berarti mereka semua melek bahasa Arab sebagai bahasa sumber ajaran Islam. Hanya segelintir muslim yang berwawasan bahasa ini. Padahal, umur bahasa Arab di Indonesia setua umur Islam di Nusantara. Bahasa Arab diajarkan berbarengan dengan masuknya Islam ke Tanah Air. Apa yang salah dengan pendidikan bahasa Arab di republik ini?Buku ini berupaya menguraikan fenomena studi bahasa Arab secara kritis dan dengan perspektif berbeda. Fokus pembahasan buku antara lain seputar Islam dan pengetahuan bahasa, hakikat bahasa dalam Islam, asal-muasal bahasa Arab, bahasa Arab dan cermin sosio-kultural masyarakat Indonesia, bahasa Arab dan verbalisme (kritik terhadap sikap beragama), pendidikan bahasa Arab dalam tantangan kehidupan beragama dan berbangsa, rekonstruksi pendidikan bahasa Arab. Bertolak dari fakta-fakta tersebut, tersembullah gagasa pendidikan bahasa Arab integratif-interkonektif; profesionalisme guru bahasa Arab, guru bahasa Arab profetik-organik, juga cara baru melakukan pembacaan teks dengan menawarkan bentuk pengajaran gramatika pedagogis-kritis. Secara umum buku ini berusaha memberikan ruang rembug dan menyuguhkan solusi bagaimana seharusnya praktik pendidikan bahasa Arab mampu memberikan pemahaman, memberikan hak pada praktik pembelajaran yang mampu memasuki wilayah studi keilmuan lain (sosial, politik, budaya, agama, dan spiritual), bersifat integratif dan interkonektif, dikembangkan sesuai basis dan tradisi keilmuannya.


Ketersediaan
#
My Library (Bisa Dipinjam) 492.737 Muj r
H.263/02/2017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
492.737 Muj r
Penerbit
Yogyakarta : Pedagogia., 2010
Deskripsi Fisik
14x22 cm; xv-197 hlm
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
978-602-96493-1-4
Klasifikasi
492.737 Muj r
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
PBA Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

IPMAFA LIBRARY
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) merupakan sumber pembelajaran serta sumber intelektual bagi civitas akademika terutama dalam mendukung tercapainya program Tri Dharma Perguruan Tinggi di IPMAFA. Hal ini sejalan dengan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan pusat layanan informasi akademik. Secara struktural UPT Perpustakaan IPMAFA berada di bawah koordinasi Wakil RektorI Bidang Akademik dan bertanggungjawab kepada Rektor Institut Pesantren Mathali’ul Falah.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?