buku
Pendidikan
Anak berkesulitan belajar memerlukan program pelayanan remedial. Program remedial hendaknya dilaksanakan oleh guru khusus yang memiliki keahlian dalam pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Sebelum memberikan pengajaran remedial, guru terlebih dahulu menegakkan diagnosis, yaitu menentukan jenis dan penyebab kesulitan serta alternatif strategi pengajaran remedial yang efektif dan efisien. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar merupakan bagian dari ilmu pendidikan luar biasa atau ortopedagogik, yang secara keseluruhan tidak berbeda dari pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, pendidikan luar biasa dapat diselenggarakan terintegrasi dengan pendidikan pada umumnya. Buku ini mengungkap aspek-aspek yang terkait dengan kajian kesulitan belajar, yakni gambaran umum tentang kesulitan belajar diantaranya mencakup aspek medis dan aspek psikologis kesulitan belajar. Juga tentang sistem pelayanan peningkatan prestasi belajar, kesulitan belajar khusus serta identifikasi dan intervensi dini.
Tidak tersedia versi lain