buku
Idealitas Pendidikan Anak: Tafsir Tematik QS. Luqman
Pendidikan anak bertujuan untuk membekali potensi pribadi anak dengan seperangkat kemampuan dasar agar dapat menyelesaikan permasalahan hidup yan akan dihadapi. Problem kehidupan itu dalam berbagai dimensinya bisa mencakup masalah dari manifestasi kedangkalan akidah atau kemalasan beribadah dan bahkan kebodohan terhadap etika moralitas. Pembekalan potensi ini tentu secara integratif dapat dilakukan melalui pola pendidikan seimbang dengan pengokohan iman, pemberdayaan ibadah dan moralitas. Permasalahan yang dikaji disini adalah bagaimana mendidik anak secara ideal dan Islami tanpa mematikan daya kreativitas dan potensi dasar mereka. Pada akhirnya dikandung maksud untuk mencapai keseimbangan pola pikir dan tingkah laku anak. Hal ini diilhami teori pendidikan yang disepakati oleh pakar pendidikan, pada dasarnya pendidikan adalah perubahan tiga kemampuan pokok yang harus terjadi pada diri siswa yaitu kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam pembahasannya, penulis menelusuri lebih jauh filosofis pendidikan anak yang ideal dan Islami, dengan kajian utama QS. Lukman ayat 11-19 dengan pendekatan tematik analisis.
Tidak tersedia versi lain