buku
Pendidikan Akhlak-Moral Berbasis Teori Kognitif
Jean Piaget dan Lawrence Kohlberg sebagai pendiri teori kognitif menjelaskan bahwa pendidikan moral seharusnya mampu meningkatkan kematangan moral peserta didik. Menurut Piaget, kematangan moral tersebut ditandai dengan tercapainya autonomy dalam diri peserta didik dalam membuat keputusan moral. Kohlberg mengartikan kematangan moral sebagai kondisi dimana seseorang telah mencapai level pascakonvensional, pendidikan moral seharusnya mampu meningkatkan penalaran moral seseorang dari jenjang penalaran moral level rendah sampai level tinggi, dari prakonvensional menuju konvensional dan pascakonvensional. Begitu juga dengan pemikiran al-Ghazali yang menganjurkan peningkatan akhlak seseorang dari jenjang awam menuju khawas al-khawas. Buku ini menyajikan uraian tentang cognitive development yang diterapkan dalam pembelajaran akhlak/moral. Paradigma pendidikan moral berbasis teori kognitif dijelaskan secara mendalam yang diikuti dengan uraian tentang berbagai komponen yang digunakan dalam penerapannya, salah satunya model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran mengacu pada model yang dikembangkan oleh Joice, Weil & Calhoun yang mensyaratkan dihadirkannya komponen sintaks pembelajaran, sistem sosial, peran guru, sistem pendukung dan dampak instruksional.
Tidak tersedia versi lain