buku
Kajian Teoritik dan Implementatif Pengembangan Kurikulum
Kurikulum sebagai lapangan kajian sejak lama telah diminati para ilmuwan. Berbagai penelitian dan studi bersifat akademik telah dihadirkan sehingga bidang kajian ini semakin populer. Bagi kalangan praktisi pendidikan, kurikulum dianggap sebagai jantungnya pendidikan sehingga kualitas pendidikan akan sangat ditentukan oleh kualitas kurikulum. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dapat diterapkan secara efektif. Karena itu dokumen kurikulum harus mampu diejawentahkan menjadi implemented curriculum dengan baik. Buku ini menjembatani agar pemahaman teoritik dan implementatif tentang kurikulum menjadi utuh. Selain mengulas aspek konseptual teoritik, buku ini menyajikan aspek praktis terutama yang terkait dengan tahapan pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Keutuhan dalam memahami kurikulum secara teoritik dan praktis mampu menghasilkan tawaran baru berupa inovasi kurikulum pan pembelajaran sesuai dengan konteks dan situasi tertentu. Inilah makna ungkapan curriculum is a product of its time bahwa inovasi kurikulum harus terus menerus dilakukan sebagai produk dari zamannya.
Tidak tersedia versi lain