buku
Paradigma Baru Assessment Bahasa Arab di Indonesia: Konvensional menuju Digital
Penggunaan digital assessment dalam proses evaluasi menunjukkan tren hasil yang positif, hal ini terbukti dengan berhasilnya implementasi digital assessment dalam menggantikan assessment berbasis paper based test. Digital assessment juga cocok untuk assessment formatif dan sumatif. Melalui teknologi yang berkembang dengan pesat, proses assessment berbasis digital bisa dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh sehingga dapat dikerjakan di mana pun dan kapan pun sesuai dengan waktu yang ditentukan. Proses assessment menggunakan digital assessment akan lebih kredibel dan objektif. Karena dalam proses koreksi jawaban siswa, tidak melibatkan guru namun secara langsung sistem yang akan bekerja, sehingga menjauhkan dari sikap subjektivitas guru kepada siswa. Kredibilitas dan objektivitas pada digital assessment akan membuat proses assessment tersebut menjadi adil bagi siswa. Dari aspek estetika, digital assessment memiliki tampilan dan macam-macam variasi soal yang tersedia, sehingga membuat proses assessment menarik dan menyenangkan. Kelebihan assessment tersebut serta kemudahan dalam pengerjaannya akan menjauhkan rasa stress pada siswa sehingga dapat memberi motivasi, meningkatkan kinerja belajar dan sikap.
Tidak tersedia versi lain