buku
Perencanaan Pembelajaran di SD/MI: Dilengkapi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013
Pembelajaran bertujuan agar terbangun jalinan interaksi akademik antara pendidik dan peserta didik sehingga dapat menguatkan sikap kepribadian yang baik serta bertambahnya wawasan keilmuan dan kemampuan skill yang mumpuni dalam kehidupan bermasyarakat global. Tuntutan kemampuan pembelajaran abad ke-21 mengarah pada kemampuan berpikir kritis logis, kreatif, kemampuan berkomunikasi dengan oranglain dan menunjukkan rasa empati-simpati terhadap orang lain, serta mampu melakukan kerjasama dengan orang lain sehingga menghasilkan satu tim/kelompok yang dapat bekerja sama dengan baik dan membangun kerjasama dengan orang lain. Untuk memudahkan kegiatan pembelajaran, semua bentuk kegiatan perencanaan pembelajaran harus ditulis dalam bentuk lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya minimal memuat: (1) informasi tentang identitas institusi, mata pelakaran, kelas/semester, tema/subtema, materi dan alokasi waktu; (2) tujuan pembelajaran yang diarahkan pada integrasi sikap, knowledge dan skill; (3) kegiatan inti pembelajaran dengan mempertimbangkan interaksi pembelajaran yang lebih kreatif dan pengembangan potensi peserta didik; (4) bentuk penilian yang mengarah pada kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain