Apa jadinya jika pembelajaran bahasa Arab banyak sekali waktu dan bahan ajar yang terbuang sia-sia hanya karena metode yang digunakan tidak tepat? Lebih parah lagi, metode yang digunakan justru menjadi penghalang bagi tercapainya tujuan pendidikan. Tentunya, para siswalah yang paling banyak mengalami kerugian, baik dari sisi waktu, tenaga, maupun materi. Di sini, mereka menjadi korban dari kece…
Dalam konteks keIndonesiaan, bahasa Arab adalah salah satu kontributor terbesar bagi entri bahasa dan budaya Indonesia. Banyak kata dan kalimat maupun peristilahan dari bahasa Arab yang tak terhingga jumlahnya memasyarakat dan membudaya di lanskap komunikasi dan interaksi tanah air. Hal ini menyiratkan bahwa bahasa Arab semakin urgen sebagai elemen kurikulum pendidikan. Sebagai bahasa asing, ba…
Pembelajaran bahasa Arab selama ini sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, menakutkan dan dianggap sebelah mata, tidak hanya oleh siswa atau mahasiswa, akan tetapi oleh masyarakat umum. Yang paling menyedihkan, bahasa Arab juga dianggap kurang menarik oleh mahasiswa jurusan bahasa Arab sendiri. Sebabnya adalah mereka belum begitu mengetahui 'jantung hati' atau isi dari materi pe…
Kondisi umum pembelajaran bahasa Arab banyak mengalami kendala yang mengarah pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Kemungkinan yang terjadi adalah pembelajaran bahasa Arab selama ini menggunakan metode yang membosankan bagi siswa. Sebagai alternatif untuk mengubah kondisi tersebut, strategi "active learning" perlu dipertimbangkan tatkala guru bahasa Arab ingin melibatkan pelajar secar…