Kita hidup dalam kultur masyarakat berbudaya. keberagaman budaya itu mengandung sub budaya dalam suku bangsa, ras, golongan, gender, usia, generasi, dll. Dalam hidup keseharian kita memiliki lebih dari satu identitas. beragam faktor identitas inilah menggambarkan budaya dan sub budaya yang mempengaruhi persepsi, sikap dan prasangka ketika berkonumikasi antarbudaya. Buku ini berisi materi mengen…
Komunikasi mempunyai ide atau prinsip dan aturan dasar yang menjelaskan atau mengontrol bagaimana komunikasi itu bisa terjadi. Prinsip komunikasi mengandung norma atau aturan dasar yang mewakili apa yang diinginkan oleh seseorang, kelompok, organisasi atau komunitas yang membantu mereka untuk menentukan kebenaran atau kesalahan dari tindakannya. Termasuk prinsip komunikasi antarbudaya sebagai i…
Buku ini menjelaskan bagaimana "strategi interaksi dan kepemimpinan" yang tepat mampu membuat organisasi efektif dan berjaya di tengah persaingan keras. Pemimpin orgnanisasi bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan sistem komunikasi efektif. Sebagai implementasinya, pemimpin organisasi mengembangkan budaya organisasi yang kuat dan adaptif yang mempu memberdayakan karyawan melalui gay…
Filsafat Islam membimbing komunikasi transendental sehingga memberi corak, sifat dan karakter unik pada proses komunikasi yang berlangsung sehingga memberi kedamaian hati. Dalam konteks ini, komunikasi transendental tidak netral, melainkan memihak pada keselamatan dan kedamaian. Bahwasanya, tumpuan kekuatan menelaah, memehami dan mengetahui berpusat pada hati manusia. Hati atau perasaan sebagai…
Sistem komunikasi telah dilihat sebagai suatu aspek yang penting untuk meningkatkan produktivitas suatu bidang komunikasi modern. Berbagai upaya peningkatan produktivitas tersebut tidak terlepas dari upaya meningkatkan kelancaran informasi dalam suatu organisasi. Informasi menjadi aspek generik yang setiap saat harus dikontrol dan diperiksa, sehingga tidak mengganggu dan berdampak negatif pada …
Banyak problem muncul disebabkan faktor komunikasi. Komunikasi bagaikan sebilah pisau bermata dua, di satu sisi sangat dibutuhkan, namun di sisi lain menjadi mencemaskan. Di sinilah pentingnya memahami gejala komunikasi secara benar dan tepat agar kaomunikasi yang dijalankan menjadi maksimal. Buku ini mencoba mengkaji fenomena komunikasi secara ilmiah dan menghubungkannya dengan komunikasi seba…
Komunikasi antarbudaya terjadi ketika orang-orang denan latar belakang budaya yang berbeda bertemu dan saling berinteraksi. Aspek komunikasi penting untuk dipahami agar pertemuan antarbudaya bisa mengurangi ketidakpastian, mengahsilkan kerjasama, kerukunan dan bahkan bisa menciptakan sinergi lintas-budaya yang produktif dan bermanfaat. Buku ini membahas fenomena komunikasi antarbudaya dari sudu…
Semua keilmuan dalam praktiknya harus bisa dibuktikan dapat mencukupi syarat-syarat menjadi sebuah ilmu. Kini tidak hanya sebagai ilmu tunggal, keberadaan rumpun ilmu sosial sudah tidak murni lagi karena sudah berkembang dan berkolaborasi, seperti ilmu politik, ilmu manajemen dan ilmu lainnya. Keberadaan strategi komunikasi telah dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu, setelah ditelaah melalui pen…
komunikasi antarbudaya merupakan sesuatu yang menarik karena tidak bisa dipisahkan dari suatu kebudayaan yang beraneka ragam dan memiliki keunikan masing-masing, sehingga mempengaruhi keunikan komunikasi di suatu kebudayaan. Perbedaan komunikasi antarbudaya jika tidak bisa direspons dengan bijak, maka akan terjadi kesalahpahaman bahkan perselisihan antara orang-orang yangberkomunikasi yang berb…
Buku ini ditulis secara sistematis dengan tujuan agar pembaca mengatahui dan mengerti tentang perkembangan teknologi komunikasi dalam konvergensi media dan diharapkan dapat mengerti dan memahami jenis media baru yang digunkaan dalam berkomunikasi terutama pada era digital media. Pembaca juga diharapkan mampu memahami dan hingga menganalisis begaimana konvergensi media berpengaruh dalam kehidupa…