Tugas guru dalam mendidik dan membimbing para murid kini kian menuntut pemahaman mendalam akan peserta didiknya, makna pembelajaran, proses dan strategi serta penilaian pembelajaran. Bidang inilah yang menjadi fokus bahasan serta kajian psikologi pendidikan tersebut dialirkan secara sistematis dalam buku ini dengan kedalaman bahasan yang diharapkan mampu menghadirkan komprehensivitas pemahaman …
Buku ini menguraikan materi secara komprehensif yang merupakan bagian utama pengantar ilmu pendidikan. Pada prinsipnya buku ini memuat beberapa bahasan mengenai hakikat pendidikan dan pendidikan sebagai sebuah sistem, pengertian dan unsur-unsur pendidikan, aliran dan asas pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, pendidikan masa depan menghadapi abad ke…
Pendidikan karakter tidak harus dalam bentuk pelajaran formal yang diatur dalam kurikulum, tetapi cukup diintegrasikan dengan pelajaran yang lain. Guru tidak perlu aktif menjelaskan apa itu karakter, nilai-nilai karakter dan bagaimana menginternalisasikan nilai karakter, tetapi justru siswa yang aktif mengumpulkan ceita dari daerah dia asal. Kemudian siswa diminta untuk menganalisis nilai karak…
Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara yang digunakan dalam penyusunan, penyajian, analisis dan interpretasi data kuantitatif sehingga dapat diambil kesimpulan dan maknanya. Mahasiswa, guru dan dosen perlu memahami konsep dasar statistik dan dapat menentukan teknik analisis data yang tepat sesuai dengan jenis data dan tujuan yang akan dicapai. Buku ini ditulis untuk membantu pem…