Sejak dipublikasikannya hasil-hasil temuan neurosain modern yang
menyatakan bahwa anak yang baru lahir mempunyai 100-200 miliar neuron
(sel saraf) dan kecerdasannya berkembang hingga 50% dunia pendidikan
tercengang. Terlebih lagi ketika dinyatakan bahwa pada usia 8 tahun,
perkembangan kecerdasan anak mencapai 80%. Para ahli psikologi
perkembangan terheran-heran, ketika neurosain modern mengatakan bahwa di
atas usia 8 tahun, perkembangan kecerdasan anak semakin lambat sehingga
dan akan mencapai 100% pada usia 18 tahun. Para psikologi menyimpulkan
bahwa anak usia dini adalah usia emas ( the goden age). Temuan neurosain
modern dan kesimpulan para psikolog tersebut membuat dunia pendidikan
sadar bahwa kunci membentuk generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas
justru pada saat usia dini. Atas dasar kesadaran inilah pemerintah
melalui Kementrian Pendidikan Nasional gencar menyelenggarakan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Target pemerintah dalam waktu dekat
adalah membuka lembaga PAUD di seluruh pelosok tanah air hingga ke
tingkat RW (Rukun Warga). Yogyakarta menyambut program ini mengawali
geraka 1000 PAUD. Hingga saat ini, program tersebut baru terealisir pada
tingkat desa. Buku ini hadir dalam rangka turut menyemarakkan gerakan
PAUD di Indonesia, disamping tetap meningkatkan mutu manajemen PAUD yang
telah ada. Dengan demikian, buku ini membahas manajemen PAUD secara
tuntas, dari mendirikan lembaga PAUD baru, meningkatkan mutu pengelolaan
lembaga PAUD yang telah ada, hingga pengembangannya.
Home
Anak
Book
Pendidikan
Reference
Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA: Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD
Post A Comment: