Sejak dipublikasikannya hasil-hasil temuan neurosain modern yang menyatakan bahwa anak yang baru lahir mempunyai 100-200 miliar neuron (sel saraf) dan kecerdasannya berkembang hingga 50% dunia pendidikan tercengang. Terlebih lagi ketika dinyatakan bahwa pada usia 8 tahun, perkembangan kecerdasan anak mencapai 80%. Para ahli psikologi perkembangan terheran-heran, ketika neurosain modern mengatakan bahwa di atas usia 8 tahun, perkembangan kecerdasan anak semakin lambat sehingga dan akan mencapai 100% pada usia 18 tahun. Para psikologi menyimpulkan bahwa anak usia dini adalah usia emas ( the goden age). Temuan neurosain modern dan kesimpulan para psikolog tersebut membuat dunia pendidikan sadar bahwa kunci membentuk generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas justru pada saat usia dini. Atas dasar kesadaran inilah pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional gencar menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Target pemerintah dalam waktu dekat adalah membuka lembaga PAUD di seluruh pelosok tanah air hingga ke tingkat RW (Rukun Warga). Yogyakarta menyambut program ini mengawali geraka 1000 PAUD. Hingga saat ini, program tersebut baru terealisir pada tingkat desa. Buku ini hadir dalam rangka turut menyemarakkan gerakan PAUD di Indonesia, disamping tetap meningkatkan mutu manajemen PAUD yang telah ada. Dengan demikian, buku ini membahas manajemen PAUD secara tuntas, dari mendirikan lembaga PAUD baru, meningkatkan mutu pengelolaan lembaga PAUD yang telah ada, hingga pengembangannya.
Share To:

april lina

Post A Comment: