Kegiatan apa yang perlu dan seharusnya dilakukan oleh guru dan juga dosen dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa diuraikan secara lengkap dalam buku ini. Berbagai kegiatan itu antara lain adalah pembuatan kisi-kisi, penyusunan butir tes, termasuk pemilihan bentuk pertanyaannya, pengujian validitas, reliabilitas dan efektifitas butir soal dan pengolahan hasil pengukuran mulai dari penerapan statistik deskriptif sampai transformasi skor mentah ke nilai jadi dengan beberpaa pendekatan. Tugas atau tes kebahasaan dan kesastraan yang dibicarakan meliputi aspek kompetensi kebahasaan (struktur dan kosa kata), kinerja kebahasaan (aktif-reseptif: membaca dan menyimak, aktif-produkif: berbicara dan menulis) dan tes kesastraan, yang kesemuanya dicobadekati dengan taksonomi Bloom. Sebagai penutup ditambhakan pembicaraan tentang "teori respon butir" yang kini mulai banyak dibicarakan orang.
Share To:

april lina

Post A Comment: