Pembelajaran bahasa di dalam kelas mempunyai dua tujuan yang berkait dan berkelanjutan, yaitu menjadikan pembelajar bahasa menguasai dua macam kompetensi: mampu memahami tuturan mitra tutur, dan mampu menghasilkan tuturan yang dapat dipahami oleh mitra tutur. Adapun guru, sebagai salah satu sumber belajar bertugas menciptakan kondisi agar kedua tujuan pembelajaran bahasa tersebut tercapai. Karena itu, guru harus memiliki kompetensi yang memadai dalam memutuskan kebutuhan pembelajar, tujuan pembelajaran, menyeleksi dan mengurutkan isi pembelajaran, mengorganisasikan tatanan pembelajaran dan mengelompokkan pembelajar serta menyeleksi, mengadaptasi atau mengembangkan materi, menyusun dan memvariasi tugas pembelajaran dan juga sarana penilaian dan evaluasi. Di dalam buku ini diuraikan dengan sangat jelas dan komprehansif cara pengajar bahasa memahami maksud perancang kurikulum, menerjemahkannya ke dalam proses pembelajaran, kemudian mengembangkannya menjadi perencanaan dan tindakan pembelajaran yang sepenuhnya ,elibatkan pembelajar sebagai subjek pembelajaran bahasa dalam pembelajaran yang berperspektif komunikatif dan interaktif.
Share To:

april lina

Post A Comment: