Sampai saat ini pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran bahasa Indonesia masih menghadapi sejumlah masalah. Hal ini terbukti dengan masih rendahnya kompetensi berbahasa para siswa yang tercermin melalui rendahnya nilai ujian nasional para siswa, baik pada jenjang SD, SMP maupun SMA. Bahkan ironisnya, nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Indonesia berada paling rendah dibanding mata pelajaran lain dan hal ini pula yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang berkontribusi paling besar terhadap ketidaklulusan para siswa. Bertemali dengan kenyataan tersebut, dpat dipastikan bahwa ada sejumlah hal keliru dalam praktik pembelajaran bahasa di sekolah. Salah satu kekeliruan tersebut adalah bahwa pembelajaran bahasa di sekolah belum berorientasi pada pembelajaran yang harmonis, bermutu dan bermartabat. Atas dasar kondisi inilah buku ini disusun dengan berisikan sejumlah teori dan asumsi tentang pembelajaran bahasa yang diyakini mampu membangun pembelajaran bahasa yang harmonis, bermutu dan berkarakter.
Share To:

april lina

Post A Comment: